Type something and hit enter

author photo
By On
Perbedaan Parameter, Variabel dan Konstanta
Parameter dan Variabel merupakan dua istilah yang tidak banyak orang mengetahui perbedaannya. Variabel dan parameter sama-sama bisa diganti nilainya dengan bilangan, sama-sama dilambangkan menggunakan huruf juga, tetapi keduanya berbeda.

1. Variabel Bebas dan Variabel Terikat.

Ketika kita menuliskan fungsi \[f(x)=x^2+2x+3\] maka \(x\) merupakan variabel bebas. Variabel bebas berarti kita bisa mengganti nilai \(x\) dengan bilangan apa saja atau bilangan yang ada pada domain yang diberikan lalu menghitung nilainya.

Ketika kita memberikan nama sebuah fungsi, misalkan \[y=x^2+2x+3\] maka disini \(y\) merupakan variabel terikat. Variabel terikat berarti nilainya bergantung dari nilai \(x\) yang kita substitusi.

Jadi Variabel merupakan anggota dari domain atau kodomain dari sebuah relasi

2. Parameter

Parameter dilambangakan dengan huruf, bisa diganti dengan bilangan, mirip dengan variabel tetapi memiliki makna yang berbeda. Contohnya ketika kita menuliskan fungsi kuadrat \[f(x)=ax^2+bx+c; \ a \neq 0\] \(a\), \(b\), dan \(c\) merupakan parameter dari persamaan tersebut. Walaupun kita mengganti nilai \(a\), \(b\) dan \(c\) dengan bilangan apa saja asalkan sesuai dengan persyaratan \(a \neq 0\) tetap saja \(f(x)\) akan berbentuk fungsi kuadrat.

Contoh yang lain \[x^2+3x+k\] \(k\) disini merupakan parameter. kita bisa mengganti \(k\) dengan bilangan apa saja, tetapi tetap \(x^4+x^2+k\) merupakan antiturunan dari \(4x^3+2x\).

Jadi Parameter digunakan sebagai pembeda antara persamaan yang sejenis dan bukan jenisnya.

3. Konstanta

Konstanta tidak seperti variabel. Konstanta merupakan bilangan yang nilainya tetap, Contohnya \(\pi\); \(e\); 3 dan lain sebagainya.

Click to comment